Sistem Penunjang Keputusan (DSS)
Definisi :
Sistem Komputer yang interaktif yang membantu pembuatan keputusan dalam menggunakan dan memanfaatkan data dan model untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur.
Tujuan
ü Memberikan dukungan untuk pembuatan keputusan pada masalah yang semi/tidak terstruktur.
ü Memberikan dukungan pembuatan keputusan kepada manajer pada semua tingkat dengan membantu integrasi antar tingkat.
ü Meningkatkan efektifitas manajer dalam pembuatan keputusan dan bukan peningkatan efisiennya.
Karakteristik SPK
ü Adaptability
ü Flexibility
ü User friendly
ü Support Intelligence, design, choice
ü Effectiveness
Tiga Tingkat Teknologi SPK
1. Spesific DSS
Merupakan hardware/software yang memungkinkan seseorang/ sekelompok orang pengambil keputusan melakukan analitis terhadap suatu masalah tertentu.
2. DSS Generator
Suatu paket hardware/software yang mampu secara cepat dan mudah membuat specific DSS
3. DSS Tools
Hardware /software yang membantu pembuatan specific DSS/Generator DSS
Manfaat SPK
ü Meningkatkan jumlah alternatif yang dipilih
ü Pemahaman yang lebih baik tentang bisnis
ü Respon yang cepat terhadap situasi yang tidak diharapkan.
ü Kontrol yang lebih baik
Komponen Arsitektur SPK
1. Komponen Data
ü Sumber data
ü Kontribusi vendor
2. Komponen Dialog
ü Knowledge Base
ü Bahasa Tindakan
ü Bahasa Representasi
3. Komponen Model
ü Model Optimasi
ü Model Deskriptif
ü Model Probabilistik
ü Model Deterministik
Perbedaan SIM, SPK, EDP
1. SIM
ü Fokus pada pengorganisasian informasi dari perusahaan
ü Alur informasi terstruktur
ü Aktifitas : tanya jawab & penyusunan laporan
2. SPK
ü Mengkhususkan pada pengambilan dari pada manajer tingkat atas.
ü Menekankan pada fleksibilitas, adaptibilitas dan mampu memberi respon dengan cepat.
ü User memiliki kontrol penuh dalam berinteraksi
3. EDP
ü Fokus pada data
ü Proses transaksi yang efisien
ü Mengintegrasi file-file dari pekerjaan sejenis
ü Membuat ringkasan untuk laporan bagi manajemen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar